Analisa sudut slip ban dengan gaya lateral dan gaya vertikal

 

Analisa slip adalah sebuah metode untuk mengetahui perilaku arah belok kendaraan dengan menghitung sudut slip yang terjadi pada masing - masing ban. Untuk mengetahui sudut slip, maka harus diketahui terlebih dahulu reaksi gaya – gaya yang terjadi pada masing - masing ban.

Hubungan antara sudut slip (α) dan gaya belok telah diteliti secara efektif. Salah satu hasil penelitian Philips 1973 yang menggambarkan hubungan antara gaya belok (FL) sudut slip (α), dan gaya vertikal (FV) untuk ban bias ply dan ban radial. Maka perumusan matematisnya sebagai berikut :

1.       Untuk ban bias-ply :

2.       Untuk ban radial :

dimana :

α = Sudut slip (°)

FL, Fv = Gaya lateral dan gaya vertikal (N)

Kemudian setelah mengetahui sudut slip ban, kita dapat mengetahui perilaku arah belok kendaraan dengan nilai Koefisien understeer (Kus). Jika nilai Kus bernilai positif, maka perilaku belok kendaraan adalah understeer dan jika nilai Kus adalah negative maka perilaku belok kendaraan adalah oversteer.

Dimana :

𝐾𝑢𝑠 = Koefisien understeer

αf = sudut slip roda depan

αr = sudut slip roda belakang

V = kecepatan belok

R =radius belok kendaraan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama